Sabtu, 20 Juni 2015

Ingin mendadak ‘brilian’ selepas liburan sekolah? Lakukan ini!

Ingin mendadak ‘brilian’ selepas liburan sekolah? Lakukan ini! – Hore, libur telah tiba! Adakah orang yang bersedih hati menghadapi liburan panjang? Hoho, saya yakin hampir gak ada. Ah, sebelum membaca artikel ini, saya ingin bertanya, “Kamu dapat rangking berapa kemarin?” Syukurlah kalau peringkatmu ada dalam safe zone. Kalau enggak? Jangan bersedih hati, kawan. Ayo kita kagetkan teman-teman sekelasmu dengan otakmu yang mendadak ‘cerdas’ setelah liburan!

Apa yang harus kamu lakukan?


Pertama: Susun ‘strategi’

Berapa lama sih liburan kamu? Kalau sekolah saya sih, dikasih libur sebulan lebih. Nah, untuk mencapai tujuanmu, kita harus membuat setiap hari dalam liburan panjangmu ini dengan asupan ‘pengetahuan’. Cam kan kata “setiap hari”, oke?

Terus, rencana apaan sih yang saya maksud?

Oke guys, yang harus kita lakukan pertama kali adalah ‘membuat jadwal kegiatan sehari-hari’. Ingat, bukan jadwal ‘setiap hari’ yang artinya satu jadwal dilaksanakan untuk semua hari. Tapi ‘sehari-hari’, yaitu satu jadwal untuk satu hari. Jadi kalau liburanmu satu bulan, maka kamu harus membuat 30 jadwal. Terdengar merepotkan? Well, itulah pengorbanan yang harus kamu lakukan.

“Kita harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan  sesuatu” 

Sebelum membuat jadwal itu, ada beberapa hal yang harus kamu tulis dalam selembar kertas.

1. Buka kembali rapot kamu. Carilah pelajaran-pelajaran dengan nilai terkecil (pas-pasan). Selain itu, pikirkan pula pelajaran apa saja yang menurutmu paling susah dan kamu selalu mendapatkan nilai jelek saat ulangannya.
Sudah dapat? Tulislah nama-nama pelajaran itu dalam kertas selembar.

2. Pikirkan skill apa yang ingin kamu pelajari dan kuasai. Apakah kamu ingin lancar berbahasa inggris? Ingin menghafalkan juz 30 al-qur’an? Atau ingin bisa melakukan lay up satu tangan (entah apa istilahnya) dalam basket?
Tulislah nama-nama skill yang ingin kamu kuasai dalam kertas selembar tadi.

3. Sekarang renungkanlah dan bayangkan. Saat kamu belajar di kelas, kebiasaan buruk apa saja yang selalu kamu lakukan? Mengobrol? Makan di kelas? Kurang aktif bertanya? Telat mengumpulkan tugas? Tidak memperhatikan guru? Malas mencatat?
Tuliskan semua kebiasaan burukmu saat kamu belajar di kelas dalam kertas tadi.

Oke, sekarang kita sudah punya daftar ‘apa yang ingin diperbaiki’.  Sekarang, kamu bisa memasukkannya semua itu ke dalam jadwalmu. Misalnya hari senin kamu akan belajar ‘matematika’, lalu untuk skill-nya kamu akan ‘menghapal surat Al-Lail’ dsb.

Lebih jelasnya....misal liburannya dimulai hari kamis ya:

Membuat jadwal liburan

Kedua: Kumpulkan ‘tool’


Nah, setelah membuat ‘jadwal’, tentu saja kamu butuh alat untuk melaksanakan rencana-rencanamu, bukan? Misalnya, untuk mempelajari pelajaran yang tidak kamu kuasai, kamu harus mendownload buku sekolah/bse, rpp dan silabusnya di internet (kamu bisa belajar lewat bse dengan mencocokkan rpp dan silabusnya). Lalu untuk belajar skill, kamu juga harus mempersiapkan peralatan sesuai dengan skill yang ingin kamu pelajari. Pokoknya, semuanya harus siap digunakan.

Ah, khusus untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan burukmu, kamu butuh alat khusus. Apa saja? Tekad, Sugesti dan Usaha. Katakanlah pada dirimu, “Aku akan menjadi orang gagal kalau aku tetap melakukan kebiasaan buruk ini”. Setelah itu, tanamkanlah tekad dalam hatimu, “Aku tidak mau jadi orang gagal, maka dari itu, aku harus menghentikan kebiasaan ini!”.

Oke,kamu sudah memiliki dua alat, yaitu “tekad dan sugesti”. Sekarang yang harus kamu lakukan adalah ‘usaha’. Usaha seperti apa? Usaha mengingatkan! Jadi kalau nanti kamu ingin makan di kelas, ingatkanlah dirimu untuk tidak melakukannya (ingatlah sugesti ‘tidak ingin jadi orang gagal’ di atas). 

Ketiga: Belajarlah untuk menepati jadwal


Kamu punya rencana dan alat. Yang harus kamu lakukan sekarang hanyalah ‘menepati jadwal’. Katakan pada dirimu, “Aku harus melaksanakan semua jadwalku setiap hari, no matter what!”
Kalau ada jadwal yang tidak bisa kamu lakukan hari itu, tumpuklah ke hari berikutnya. Tak apa jika jadwalmu menjadi double, karena itulah konsekuensi yang kamu dapatkan.

Keempat: Beri dirimu hadiah!


Kamu sudah belajar lebih keras dari teman-temanmu saat liburan. Maka, kamu juga pantas menerima hadiah!

Pergilah jalan-jalan, beli cokelat atau pergi makan bersama keluarga. Kamu pantas bersenang-senang setelah melampaui liburan ‘keras’ mu. Pokoknya, study hard and treat yourself hard!!

Ah, tapi jangan lupa menyiapkan peralatan sekolah dan seragam sekolahmu, ya?

Kelima: ingat apa yang telah kamu pelajari


Hari pertama sekolah? Saya yakin kamu akan menghadapinya dengan senyuman, ya kan? Berikanlah BIG OKE pada setiap pelajaran-pelajaran yang kamu anggap sulit sebelum ini. Tataplah setiap guru yang masuk dengan tatapan penuh minat. Condongkan tubuhmu kedepan dan wajah full focus saat gurumu menerangkan –dan tertawalah saat ia melucu. Ingatkan dirimu untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan burukmu.

Teman-teman sekelasmu mungkin akan tercengang melihat kamu menguasai materi lebih baik dari mereka, menguasai skill yang sebelumnya tidak kamu kuasai dan mendapat pujian dari guru karena bersikap baik. Bukankah semua itu menyenangkan? Yes, now you can give your best big smile to your schooldays!!

“Apa yang kita dapatkan hari ini adalah hasil dari apa yang kita lakukan di masa lalu” 
________________________________


Nah, sekarang, saya ingin mendengar apa pendapatmu mengenai artikel di atas? Apakah ada yang bertentangan dengan apa yang kamu ketahui? Atau mungkin...ada tips-tips lain yang ingin kamu share? Saya juga akan sangat senang apabila kamu membagikan pengalaman liburanmu di kotak komentar di bawah ini, guys :D

Tapi...sebelum berkomentar BACA INI dulu ya ^^v

1 komentar: