Rabu, 17 Juni 2015

Keren! Cara INSTAN agar suaramu bagus saat bernyanyi

Keren! Cara INSTAN agar suaramu bagus saat bernyanyi– Masih ingat dengan artikel saya sebelumnya yang berhubungan dengan ‘rasa percaya diri’? Jika tidak, cobalah membacanya nanti. Mungkin itu akan membuat anda terinspirasi.

Di artikel itu itu, saya menyebutkan kalau saya sudah cukup menguasai teknik menyanyi advanced–ekhm- bukan? Yak, saya ingin membagikannya kali ini. Mau tahu rahasia-rahasia menyanyi hebat para vocal coach dan penyanyi profesional? Kamu juga akan menemukan teknik-teknik menyanyi yang kebanyakan orang berkata itu “benar”, tapi sebenarnya “salah”. Check it out, guys!


Ingat prinsip ini: “menyanyilah semudah kamu berbicara”

1. Bernafaslah lewat diafragma

Letak diafragma
Untuk apa? Well, bernafas lewat diafragma membuatmu mendapat pasokan oksigen dalam jumlah yang baik sehingga akan terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan memang, ini memudahkanmu menyanyi.

Bagaimana cara melakukan pernafasan diafragma? Untuk latihan, cobalah letakkan kedua tanganmu di pinggang. Posisinya di samping perut ya, jangan terlalu bawah. Sudah? Sekarang bernafaslah seperti biasa. Hanya saja, pastikan bahwa yang kembang-kempis itu perutmu, bukan dadamu!
Nah, mulai saat ini, saat kamu akan menyanyi, pastikanlah bahwa kamu bernafas melalui diafragma. Bukan melalu pernafasan dada, oke?

2. Lakukan pemanasan sebelum bernyanyi

Melakukan pemanasan sebelum bernyanyi sangat penting untuk membuat kondisi suarau “siap bernyanyi”. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk pemanasan. Misalnya mengucapkan “aaaa” dengan nada “do, re, mi, fa, sol, fa, mi, re, do”, dengan berangsur-angsur naik oktaf-ke-oktaf. Setelah itu dilanjutkan pada vokal yang lain dengan nada yang sama.

Lalu, lip thrill, vocal fry, nafas anjing dll (klik link ini, ini, ini untuk melihat video referensi). Bisa dilakukan semuanya secara berurutan atau pemanasan yang kamu anggap paling berguna untuk meningkatkan kualitas vokalmu saja.

P.S. Berteriak sambil mengucapkan “a, i, u, e, o” bukan termasuk pemanasan vokal! Itu hanya bisa merusak suaramu. Jangan dilakukan.

3. Postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang baik akan membuatmu menyanyi dengan lebih baik, lebih keras dan lebih terbuka –tanpa memaksakan diri. Tegakkanlah badanmu –buat bahumu sejajar dan punggungmu tidak bongkok. Tapi usahakan tetap rileks. Tegakkan pulalah lehermu dan buatlah otot di lehermu rileks.

Postur menyanyi yang baik saat duduk:


Postur menyanyi yang baik saat berdiri:



4. Jangan menggunakan otot menelan saat bernyanyi

Weh, udah aneh-aneh lagi istilahnya. Apa itu otot menelan? Bahasa inggrisnya swallowing muscles. Coba deh kamu pegang bagian depan tenggorokanmu, terus telanlah ludahmu. Apakah ada yang naik-turun? Nah, itulah yang disebut otot menelan. Kamu sama sekali tidak boleh menggunakannya dalam bernyanyi. Itu akan membuat suaramu tertekan dan membuat tenggorokanmu sakit setelah bernyanyi.

Tapi sayangnya, banyak orang yang bahkan tidak sadar bahwa mereka telah menggunakan otot menelan mereka saat bernyanyi. Ironisnya, beberapa penyanyi profesional juga terkadang ada yang menggunakannya.  Kebanyakan dari kita semua menggunakannya lho!

Terus bagaimana cara untuk menghindarinya?

Well, sebenarnya melakukan lebih sulit dari sekedar ngomong.  Kamu harus banyak latihan untuk benar-benar terbiasa. Sekarang, kamu pilih sebuah lagu yang mudah dinyanyikan (yang gak banyak nada tinggi). Lalu, sentuhlah bagian depan tenggorokanmu dan menyanyilah!

Apakah otot menelanmu bergerak naik turun? Yah, biasanya otot menelanmu akan naik ke atas saat kamu mencoba menyanyikan nada yang lebih tinggi. Trust me, itu tidak baik!

Tidak ada trik khusus untuk mengatasinya. Kamu harus benar-benar memastikan bahwa otot menelanmu dalam kondisi rileks sebelum menyanyi. Dan saat latihan bernyanyi, kamu mungkin akan banyak berhenti untuk memastikan bahwa kamu tidak memakai otot menelanmu itu. Jika sekali kamu memakainya, ulangilah lagi sampai kamu bisa tidak memakainya. Butuh waktu memang, tapi, kamu akan tercengang dengan hasilnya! Tidak ada istilah ‘sakit tenggorokan’ lagi setelah menyanyi, percayalah.

5. Jangan menarik lidah ke belakang

Mungkin kamu juga tidak menyadarinya, tapi biasanya, jika kita menyanyikan nada tinggi, kita akan menarik lidah kita ke belakang. Tidak percaya? Coba lihat cermin saat kamu menyanyi nada tinggi (buka mulutmu lebih lebar agar kelihatan). Benarkan?

Ini tidak baik, kawan! Bagian belakang lidahmu akan terasa sakit setelahnya. Ah, dan iya, ini berhubungan dengan tips nomor 4. Jika kamu mengusahakan untuk membuat lidahmu rileks saat bernyanyi, maka biasanya, otot menelanmu juga akan rileks.

Bagaimana cara merileks-kan lidah? Well, ini juga tidak ada trik khusus. Kamu harus berlatih untuk merileks-kan lidahmu saat bernyanyi. Apalagi saat menyanyikan nada tinggi, usahakan jangan menarik lidahmu kebelakang. Cobalah untuk membuatnya tetap berada dibelakang gigi bagian bawah. Tetap rileks.

6. Untuk mencapai nada tinggi, berpikirlah ‘ke bawah’

Mungkin trik ini agak aneh bagi sebagian orang. Tapi, beneran ampuh lho! Kamu mungkin akan menggerakkan telunjukmu ke atas saat menyanyikan nada tinggi, tapi itu malah akan membuatmu terlalu memaksakan diri.

Cara mudahnya adalah dengan berpikir ke bawah. Saat akan menyanyikan nada tinggi, bayangkanlah sebuah tongkat jatuh ke bawah. Atau, gerakkanlah telunjukmu ke bawah –bukan ke atas. Cobalah! Ini akan membuatmu lebih mudah mencapai nada tinggi –tanpa terlalu memaksakan diri.

7. Habiskan nafasmu sebelum bernafas lagi

Ingatlah untuk TIDAK menarik nafas sebelum kamu membuang seluruh nafasmu. Ingat, buang dulu semuanya, baru bernafas lagi!  Kenapa? Karena jika nafasnya ditumpuk, itu malah akan menekan dadamu dan membuatmu terengah-engah.

P.S. Mitos harus mengambil nafas dalam-dalam sebelum bernyanyi adalah salah besar. Itu dapat membuat tenggorokanmu tertekan dan akhirnya kamu malah merasa sesak saat bernyanyi. Itu juga bisa merusak suaramu lho. Jadi intinya, jangan berlebihan mengambil nafas. Secukupnya saja, oke?

8. Bukalah mulutmu lebih lebar

Kenapa? karena ini akan membuat suaramu lebih ringan dan mengalir. Suaramu juga akan lebih fleksibel serta tidak tertekan.

Seberapa lebar?

Well, membuka mulut dengan lebar bukan berarti 'sangat lebar' sampai-sampai rahangmu sakit. Tidak, sewajarnya saja. Untuk mengetahuinya, coba ucapkan vokal "aaaa" dan letakkan dua jarimu di antara gigi atas dan gigi bawah. Pokoknya, selebar yang tidak menyakitkan.
_____________________________

Oke, mungkin itu tips yang biasa saya gunakan untuk menyanyi. Jika kamu bermasalah dengan kepercayaan diri saat menyanyi, baca artikel saya sebelumnya. Itu akan banyak membantumu.

Baik, bagaimana pendapatmu setelah membaca artikel di atas? Apakah ada tips-tips lain yang bisa kamu share? Apakah ada yang bertentangan dengan apa yang kau ketahui? Ungkapkan semuanya di kotak komentar J

Tapi, sebelum berkomentar, BACA INI dulu ya, guys.



1 komentar: